Langkah Rumah Sakit Mencapai Pelayanan Standar Internasional

<div style=”background-color: #250517; padding: 15px;“>
<span style=”color: #15317e;“>

Langkah Rumah Sakit Mencapai Pelayanan Standar Internasional

Dunia perumahsakitan mendapat tantangan besar meningkatkan kualitas pelayanan berstandar akreditasi Internasional. Peningkatan kualitas pelayanan sangatlah penting agar rumah sakit mampu berkompetisi baik di tingkat regional, nasional bahkan Internasional.

Upaya peningkatan kualitas pelayanan dilakukan Kementerian Kesehatan dengan menetapkan lembaga/badan yang dapat melakukan akreditasi rumah sakit bertaraf Internasional yaitu Internasional Society for Quality in Health Care (ISQua). Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menkes No. 1195/MENKES/SK/VIII/2010, tanggal 23 Agustus 2010.

Diantara lembaga yang memperoleh akreditasi ISQua adalah Joint Commission International (JCI). Demikian juga, Kementerian Kesehatan berupaya agar Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) terakreditasi oleh ISQua.

Kementerian Kesehatan melalui target rencana strategis memfokuskan rumah sakit harus terakreditasi secara Internasional minimal di 5 kota pada akhir 2014. Saat ini tujuh rumah sakit berkomitmen dan dijadikan model untuk akreditasi Internasional, yaitu

1 RSCM

2 RSUP Fatmawati

3 RSUP Adam Malik

4 RSUP dr Sardjito Yogyakarta

5 RSUP Sanglah Denpasar

6 RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

7 RSPAD Gatot Subroto

Sebagaimana kita ketahui, ada 4 rumah sakit swasta yang berhasil mendapatkan pengakuan JCI, antara lain

1 RS Siloam Karawaci

2 RS Bintaro Tangerang

3 RS Sentosa Bandung

4 RS Eka Bandung

Diharapkan komitmen pelayanan standar Internasional di beberapa rumah sakit mampu mendorong rumah sakit lain untuk mencapai mutu pelayanan kesehatan berstandar internasional, dengan berbenah diri memperbaiki manajemen yang berorientasi pada customer care dan patient safety yang menjadi salah satu indikator dari penilaian akreditasi baru Rumah Sakit yang mulai berlaku pada tahun 2012.

Rumah Sakit seyogyanya mempertimbangkan bahwa customer care dan patient safety merupakan bagian dari sistem pelayanan yang terintegrasi dengan pasien, seperti pelayanan yang cepat, tanggap, dan keramahan petugas rumah sakit, sehingga rumah sakit dianggap baik apabila dalam memberikan pelayanan lebih memperhatikan kebutuhan pasien maupun orang lain yang berkunjung di rumah sakit.

Kepuasan muncul dari kesan pertama pasien saat mendapatkan pelayanan rumah sakit dan pencapaian yang besar dapat terletak pada tindakan-tindakan kecil yang konsisten dilakukan rumah sakit.

Meraih standar Internasional perlu dilakukan perbaikan-perbaikan peningkatan mutu pelayanan, SDM, sarana prasarana, administrasi dan komunikasi yang mengarah pencapaian akreditasi international. Perbaikan-perbaikan itu dikelompokkan dalam Standar Pelayanan Berfokus Pada Pasien, Standar Manajemen Rumah Sakit, Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit dan Sasaran Milenium Development Goals. Humas

 

</div>
</span>

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s